Soal UAS Sosiologi Kelas X Semester I Tahun Pelajaran 2016/2017
1.
Perhatikan beberapa variabel sosial di bawah ini!
(1)
Hubungan antara manusia dan gejala alam
(2)
Guru biologi mengajar cara menanam bunga kepada siswa
(3)
Pak Andi menunggang kuda melewati gurun
(4)
Seorang ibu sedang melatih anaknya bernyanyi
Yang
merupakan objek kajian sosiologi adalah ....
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (2) dan (4)
E. (3) dan (4)
2.
Perhatikan pernyataan berikut!
(1) Berasal dari pengetahuan
yang tersusuan sistematis
(2) Merupakan gejala alam
yang memiliki kepastian
(3) Memiliki rumusan
kebenaran umum dan objektif ilmiah
(4) Mengungkap fakta di
masyarakat tanpa memandang baik buruknya
(5) Merupakan hasil
pengamatan objektif atas gejala masyarakat
Dari
pernyataan di atas, yang termasuk ciri sosiologi sebagai ilmu pengetahuan
adalah ....
A.
(1), (2), dan (3)
B.
(1), (2), dan (4)
C.
(1), (3), dan (5)
D.
(2), (3), dan (5)
E.
(3), (4), dan (5)
3.
Teori sosiologi selalu mengalami
perubahan dan penyempurnaan. Kondisi tersebut menunjukkan bahwa sebagai ilmu,
sosiologi bersifat ….
A. statis
B. empiris
C. teoretis
D. nonetis
E. kumulatif
4.
Masalah kemiskinan berkaitan dengan
berbagai aspek sosial. Untuk mengkaji sebab-sebab terjadinya kemiskinan, ilmu
sosiologi dapat memberikan sumbangan dalam bentuk ….
A. benda
dan jasa
B. barang
dan konsumsi
C. kegiatan
produksi
D. data
dan informasi
E. tenaga
kerja terampil
5.
Kondisi ekonomi
menyebabkan seorang nenek mencuri setandan pisang milik perkebunan yang
berakibat ia dihukum sesuai aturan yang berlaku. Masalah sosial tersebut dapat
dikaji dengan pendekatan sosiologi. Dalam hal ini kegunaan sosiologi adalah
....
A.
mempersiapkan
tatanan hukum yang tepat
B.
memahami
perkembangan masyarakat
C.
mencari pihak yang
bersalah melanggar aturan
D.
memahami hubungan
manusia dan alam
E.
memecahkan
masalah-masalah sosial
6.
Nilai
(value) adalah anggapan masyarakat
tentang sesuatu yang diharapkan, indah, dan benar. Berdasarkan definisi
tersebut, maka keberadaan nilai bersifat ....
A. abstrak
dan ideal
B. konkret
dan materiil
C. individual
dan mutlak
D. statis
dan komunal
E. konkret
dan mutlak
7.
Aktivitas shalat
merupakan perwujudan nilai ....
A.
material
B.
dominan
C.
vital
D.
religius
E.
internalisasi
8.
Pada saat Gunung Merapi meletus, banyak
warga kehilangan harta benda sehingga mengundang banyak pihak yang menyalurkan
sumbangan ke daerah tersebut. Pengumpulan sumbangan dan penyaluran kepada warga
yang berhak berkaitan dengan fungsi nilai sebagai ….
A. alat kontrol suatu masyarakat
B. alat berpikir kelompok masyarakat
C. solidaritas sesame kelompok masyarakat
D. penetapan harga social suatu masyarakat
E. alat pengembangan diri seseorang
9. Beberapa gejala sosial:
(1)
Mengatur
perilaku manusia dalam berinteraksi
(2)
Memberikan
harapan yang baik, sikap mandiri, dan bertanggungjawab
(3)
Mengarahkan
cara berperasaan, berpikir, berkehendak, dan bertindak
(4)
Memberi
sanksi terhadap perilaku menyimpang dalam masyarakat
Fungsi nilai
sosial bagi kehidupan manusia ditunjukkan oleh ....
A.
(1)
dan (2)
B.
(1)
dan (3)
C.
(2)
dan (3)
D.
(2)
dan (4)
E.
(3)
dan (4)
10. Hal mendasar yang membedakan antara norma hukum dan norma
kebiasaan adalah ....
A.
tempat
B.
waktu
C.
perintah
D.
larangan
E.
sanksi
11. Setiap
hari Rudi selalu membantu ibunya membuat kue untuk dijual dan hasilnya
digunakan untuk membayar uang sekolah. Tujuan perilaku Rudi tersebut berkaitan
dengan jenis nilai sosial, yaitu ….
A. material
B. vital
C. spiritual
D. logika
E. estetika
12. Masyarakat
memegang teguh prinsip/anggapan bahwa mengambil barang orang lain adalah
perbuatan dosa yang harud dihindari. Tindakan masyarakat tersebut sesuai dengan
nilai ….
A. agama
B. hukum
C. dominan
D. material
E. vital
13.
Individu yang sabar
senantiasa menunjukkan perilaku dan tutur kata yang baik, tidak mudah marah
meskipun berhadapan dengan teman dan tetangga yang sering bertindak kasar. Dia
berperilaku demikian karena mengedepankan nilai ....
A.
instrumental
B.
material
C.
estetika
D.
logika
E.
etika
14.
Melompat
pagar sekolah dan membolos pada jam pelajaran sering dilakukan oleh salah
seorang siswa, oleh karena itu pihak sekolah memberi sanksi tegas sesuai tata
tertib yang berlaku. Contoh tersebut menunjukkan fungsi norma sebagai alat
untuk ….
A.
menjaga
solidaritas antarwarga sekolah
B.
mengarahkan
perilaku yang benar dalam kehidupan
C.
memberi
gambaran mengenai kepantasan berperilaku
D.
memberi
batasan perilaku agar sesuai aturan yang berlaku
E.
mendorong
individu berbuat kebaikan dalam kehidupan
15.
Ketua RT merasa senang karena aturan
tentang kewajiban kerja bakti setiap hari Minggu ditaati oleh semua warganya.
Semua saluran air lancar karena warga tertib dalam membuang sampah pada
tempatnya. Hubungan antara keteraturan sosial dengan norma sosial pada contoh
tersebut adalah ....
A. keteraturan
sosial akan menciptakan norma sosial
B. norma
lahir dari nilai sosial yang berkembang di masyarakat
C. keteraturan
sosial merupakan wujud dari ketertiban norma sosial
D. norma
sosial merupakan aturan untuk menciptakan keteraturan
E. tindakan
dan interaksi sosial akan membentuk keteraturan sosial
16. Perhatikan
perilaku berikut!
(1) Mematuhi
aturan lalu lintas ketika berkendaraan
(2) Menunaikan
ibadah dalam ajaran agama
(3) Wajib
membayar pajak penghasilan
(4) Berlaku
sopan terhadap orang lain
(5) Bersedia
menjadi saksi di pengadilan
Contoh
yang terkait dengan norma hukum ditunjukkan oleh nomor ….
A. (1),
(2), dan (3)
B. (1),
(2), dan (4)
C. (1),
(3), dan (5)
D. (2),
(4), dan (5)
E. (3),
(4), dan (5)
17. Perhatikan
perilaku sosial berikut!
(1) Andi
menolak disuruh membaca doa di kelas karena merasa malu
(2) Ridwan
tidak pergi shalat Jumat di masjid karena menonton film kartun
(3) Putri
melaksanakan shalat lima waktu tanpa harus diingatkan orang tuanya
(4) Tiur
mengikuti aktivitas orang tuanya kebaktian setiap hari Minggu di gereja
(5) Meskipun
tidak ada yang mengawasi, Andi tetap berpuasa pada bulan Ramadhan
Sikap yang mencerminkan
kepatuhan terhadap norma agama ditunjukkan oleh nomor ….
A. (1),
(2), dan (3)
B. (1),
(2), dan (4)
C. (1),
(3), dan (5)
D. (2),
(4), dan (5)
E. (3),
(4), dan (5)
18. Perhatikan
perilaku berikut in!
(1) Setahun
sekali Tatak pulang kampung
(2) Keluarga
Ali melaksanakan ibadah haji
(3) Dina
melakukan upacara turun tanah untuk putrinya
(4) Wajib
membayar retribusi pajak bumi dan pembangunan
(5) Setiap
pulang kerja, ayah membawa oleh-oleh
Contoh norma kebiasaaan
ditunjukkan nomor ….
A. (1), (2), dan (3)
B.
(1),
(2), dan (4)
C.
(1),
(3), dan (5)
D. (2), (4), dan (5)
E.
(3),
(4), dan (5)
19.
Perhatikan perilaku
berikut!
(1)
Menggunakan tangan
kanan ketika bersalaman
(2)
Melambaikan kedua
tangan saat menonton pertandingan
(3)
Mengucapkan terima
kasih setelah mendapat pertolongan
(4)
Menulis catatan pelajaran
di kelas menggunakan tangan kanan
(5)
Memberika sesuatu
kepada orang lain dengan tangan kanan
Yang termasuk contoh penerapan norma kesopanan adalah
....
A.
(1), (2), dan (3)
B.
(1), (2), dan (4)
C.
(1), (3), dan (5)
D.
(2), (4), dan (5)
E.
(3), (4), dan (5)
20. Salah satu fungsi norma agama bagi kehidupan masyarakat
adalah sebagai pedoman untuk ....
A.
memberikan
batas-batas pada perilaku individu
B.
mengidentifikasi
individu dengan kelompoknya
C.
mencapai
kebahagiaan lahir batin (hakiki)
D.
menjaga
solidaritas masyarakat beragama
E.
menjaga
masyarakat dari bahaya narkoba
21. Perhatikan
pernyataan berikut!
(1) Interaksi
sosial tidak memiliki tujuan
(2) Adanya
komunikasi antarpelaku menggunakan simbol
(3) Jumlah
pelaku dua orang atau lebih
(4) Tidak
terjadi kontak sosial
Yang
termasuk ciri-ciri interaksi sosial adalah....
A. (1)
dan (2)
B. (1)
dan (3)
C. (2)
dan (3)
D. (2)
dan (4)
E. (3)
dan (4)
22. Setelah
selesai melakukan pertandingan, Taufik dan Hendrawan saling berjabat tangan.
Hal ini menunjukkan bahwa salah satu ciri interaksi sosial adalah ....
A. mempunyai
struktural yang tetap
B. melibatkan
minimum dua pihak
C. mencapai
keseimbangan sosial
D. terjadi
dalam dimensi waktu dan tempat
E. terbentuk
melalui tahapan yang panjang
23. Pada
masyarakat Bali, para pedagang yang sebenarnya berpendidikan rendah mampu
melakukan interaksi dengan wisatawan asing. Contoh tersebut berkaitan dengan
ciri-ciri interaksi sosial, yaitu ….
A. ada
komunikasi antarpelaku
B. timbul
dinamika orang Bali
C. muncul
suatu kepuasan pribadi
D. ada
norma yang membatasi hubungan
E. memiliki
nilai sosial yang dinamis
24.
Perhatikan bentuk interaksi sosial berikut !
(1)
Kerjasama sesama anggota
partai politik
(2)
Kontravensi di antara siswa dalam satu kelas
(3)
Kompetisi untuk mendapatkan kedudukan
(4)
Akomodasi pendapat para anggota koperasi pegawai
Yang menjadi faktor penghambat keteraturan
sosial adalah ….
A.
(1) dan (2)
B.
(1) dan (3)
C.
(2) dan (3)
D.
(2) dan (4)
E.
(3) dan (4)
25. Dalam interaksi sosial harus ada
kontak dan komunikasi sosial. Di bawah ini yang termasuk komunikasi
sekunder dalam interaksi sosial adalah ....
A. Anita menerima kiriman surat dari
seseorang di luar negeri
B. Yudi berkata pada Yuni bahwa hari
ini ada pentas seni
C. Kepala Sekolah menjelaskan
tentang kedisiplinan para siswa
D. tawuran antara siswa STM dan SMA
direkam oleh wartawan
E. seorang pedagang sedang
menghitung jumlah keuntungannya
26.
Seorang siswa SMP di China menyumbangkan seluruh uang
tabungan hasil jerih payahnya dari mengumpulkan botol bekas air mineral kepada
anak – anak korban HIV/AIDS. Tindakan siswa dalam
interaksi sosial tersebut dipengaruhi oleh faktor …
A.
identifikasi
B.
imitasi
C.
motivasi
D.
empati
E.
sugesti
27. Kepatuhan
Ibu Rahmat untuk selalu minum obat sesuai anjuran yang diberikan oleh dokter
Ivan adalah contoh interaksi sosial antara dokter dengan pasien. Faktor yang
mendorong terjadinya interaksi mereka adalah ….
A. motivasi
B. sugesti
C. imitasi
D. simpati
E. identifikasi
28. Gerakan
cinta lingkungan mendorong masyarakat membuat Bank Sampah dan mendapat dukungan
dari berbagai elemen seperti Karang Taruna, PKK maupun dari tokoh masyarakat.
Mereka bersama-sama menjadi penggiat Bank Sampah. Faktor yang mendorong
terjadinya interaksi sosial pada deskripsi tersebut adalah ….
A. empati
B. imitasi
C. sugesti
D. simpati
E. motivasi
29. Seorang
peserta Indonesian Idol datang dari daerah ke Jakarta dan berhasil lolos pada
babak eliminasi. Sejak itu banyak remaja di daerah tersebut mengikuti gaya
berpakaian, model rambut, bahkan cara berbicaranya. Contoh kasus tersebut
dipengaruhi oleh faktor ….
A. simpati
B. sugesti
C. imitasi
D. motivasi
E. empati
30. Menjelang
Pilkada untuk pemilihan Walikota Semarang, partai-partai politik melakukan
kerjasama dengan tujuan memenangkan Pilkada. Tujuan kerjasama dalam memenangkan
Pilkada termasuk dalam bentuk ....
A. koalisi
B. joint venture
C. kooptasi
D. bersaing
E. koersi
31.
Pimpinan perusahaan
bersepakat untuk membentuk forum komunikasi dengan para buruh untuk mewujudkan keinginan-keinginan
yang berbeda antara pimpinan dan pekerja perusahaan. Interaksi asosiatif
tersebut merupakan bentuk dari ....
A.
kontravensi
B.
kerjasama
C.
kompetisi
D.
asimilasi
E.
mediasi
32. Dua
orang kakak beradik dalam pergaulan sehari-hari mereka terikat oleh tata sopan
santun yang berlaku. Tetapi ketika mengikuti perlombaan lari cepat, mereka
harus mengikuti aturan yang berlaku dalam perlombaan,dan menanggalkan segala
etika yang berlaku dalam ikatan persaudaraan. Contoh kasus tersebut merupakan
interaksi sosial dalam bentuk ....
A. kompetisi
B. kontradiksi
C. konfrontasi
D. kontravensi
E. kompensasi
33. Kepala
desa Sukamaju dicopot dari jabatannya karena terbukti melakukan tindak pidana
korupsi. Untuk mengisi kekosongan kedudukan kepala desa, pemerintah kabupaten
menunjuk pejabat baru menggantikan kedudukan kepala desa di Desa Sukamaju
sampai diadakan pemilihan kepala desa baru. Peristiwa tersebut merupakan contoh
….
A.
bargaining
B. koalisi
C. joint
venture
D. kooptasi
E. koersi
34. Bencana
banjir yang melanda di berbagai wilayah di Indonesia, membuat beberapa kelompok
masyarakat dari latar belakang berbeda mau membantu meringankan beban korban di
pengungsian. Tindakan ini merupakan pola interaksi berbentuk ….
A. kooperatif
B. asimilasi
C. akulturasi
D. mediasi
E. bargaining
35. Di
antara istilah-istilah berikut ini yang bukan merupakan bentuk interaksi sosial
adalah ….
A. kerja
sama
B. persaingan
C. mobilitas
sosial
D. akomodasi
E. kontravensi
36. Pernyataan
yang benar tentang kontravensi adalah proses sosial yang berada di antara ….
A. kerja
sama dan persaingan
B. integrasi
dan pertentangan
C. akomodasi
dan pertentangan
D. akomodasi
dan kerja sama
E. persaingan
dan pertentangan
37. Tawuran
atau konflik antara dua komunitas bertetangga seringkali tidak dapat
diselesaikan melalui forum nonformal di tingkat RT/RW. Oleh karena itu,
dilibatkan aparat kepolisian sebagai pihak ketiga sehingga konflik dapat
diselesaikan. Bentuk akomodasi ditinjau dari peran aparat tersebut tergolong ….
A. kompetisi
B. kolaborasi
C. kontravensi
D. arbitrase
E. koersi
38. Penyerangan
yang dilakukan oleh Israel terhadap rakyat Palestina telah menimbulkan korban
jiwa dan harta benda. Serangan tersebut menimbulkan reaksi dunia berupa kecaman
dan kutukan yang disampaikan melalui
berbagai aksi demonstrasi. Respon masyarakat seperti pada ilustrasi
tersebut menunjukkan bentuk interaksi sosial ….
A. kompetisi
B. akomodasi
C. konflik
D. kontravensi
E. kooperasi
39. Para
siswa XII IPS setelah lulus SMA memilih program studi diperguruan tinggi
ternama di kota mereka. Dalam upaya memperoleh studi lanjutan tersebut, mereka
belajar dengan keras agar bisa lulus tes seleksi, tidak ada upaya saling
menghalangi atau menjatuhkan satu terhadap lainnya. Bentuk interaksi sosial di
antara mereka dalam contoh tersebut adalah ….
A. kerjasama
B. akomodasi
C. kompetisi
D. kontravensi
E. konflik
40. Dalam
acara penggalangan dana untuk bantuan bencana alam, banyak terkumpul sumbangan
yang diberikan para undangan sesuai kemampuan masing-masing. Suasana dalam
acara tersebut menunjukkan bentuk interaksi sosial yang bersifat ….
A. akomodatif
B. disosiatif
C. integratif
D. asimilatif
E. asosiatif
Komentar
Posting Komentar