Dimulai dari masa anak-anak, tentunya saat saya berada di masa tk dan sd. Pada masa itu, di lingkungan keluarga, saya telah diajarkan bagaimana cara menyembah Allah SWT kemudian menghindari perilaku berbahaya yaitu berbohong serta tidak mengucapkan kata–kata tercela. Di lingkungan sekolah saya mendapatkan pendidikan akademik dari guru–guru saya. Saat awal sd saya sempat menjadi anak yang nakal dan sering membully. Namun saat di kelas 5 saya sadar dengan perbuatan itu salah dan mulai memperbaiki diri dengan mencari teman yang baik. 
Kemudian masa remaja, saat saya masuk smp. Dimana secara fisik mulai berubah secara perlahan dan begitu pula cara berpikir saya lebih meningkat daripada sebelumnya. Di smp saya baru benar-benar bertekad menutup aurat dengan memakai hijab dan kaos kaki selalu. 
Masa ini, masa SMA baru saya jalani selama kurang lebih 5 bulan dan saya merasakan banyak perubahan yang terjadi pada diri saya terutama cara berpikir. Teman smp saya banyak yang memilih untuk sekolah di nf, namun hanya saya sendiri yang memilih jurusan ips. Dimana saya mendapatkan lingkungan yang baru yang pastinya memerlukan sosialisasi dan adaptasi yang baik sehingga saya dapat diterima oleh teman-teman baru. Di sma saya merasa memiliki banyak teman baru, banyak PR, banyak masalah membuat saya lebih mandiri dari sebelumnya.

(Aisha Elsa Putri, X IPS 2)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Materi Sosiologi Kelas XI Semester 1 Sesuai Kompetensi Dasar Kurikulum 2013

Perubahan Sosial (Syifa AR)