Contoh Perubahan Sosial

Komentar

  1. Nama : Farah Faradila
    Kelas : XII IPS 2
    padangan tokoh tentang perubahan sosial. menurut lewis gillin dan john philip gillin karena adanya difusi atau penemuan penemuan baru dalam masyarakat yaitu, munculnya internet yang merubah cara berkomunikasi bahkan hal ini membuat masyarakat sangat bergantung untuk menggunakan internet. namun, kita harus mengakui bahwa perubahan teknologi ini memberi kemudahan, di mana komunikasi semakin mudah, praktis, cepat, dan hemat.

    BalasHapus
  2. Perubahan pada aspek teknologi (Tokoh: William F. Ogburn)

    Penemuan teknologi berupa telepon genggam mengarah kepada perubahan sosial. Masyarakat terdahulu yang terbiasa berkomunikasi jarak jauh dengan mengirim surat melalui kantor pos, kini lebih memilih untuk berkomunikasi via sms ataupun jejaring sosial, yang lebih murah dan mudah.

    Nabila Syahwa
    12 IPS 2

    BalasHapus
  3. saya memilih Selo Soemardjan...

    perubahan pada aspek sistem sosial dimana zaman dahulu Indonesia masih menganut sistem pemerintahan kerajaan yang memiliki sistem sosial kasta, namun di zaman ini Indonesia sudah berganti sistem pemerintaham menjadi demokrasi dimana sistem sosial kasta dihapuskan karena tidak sesuai dengan hukum yang berlaku.

    Nama : Annisa Sayyidah Amin

    BalasHapus
  4. Perubahan pada aspek teknologi (William F. ogburn)
    zaman dahulu orang-orang berbelanjan harus mengunjungi mall, pasar,dll. Sekarang banyak platform belanja online yang mudah di akses kapan pun dan di manapun.dan sangat berguna saat sedang pandemi ini.
    Nama : Sarah Nur - XII IIPS 2

    BalasHapus
  5. Perubahan pada aspek teknologi (WIlliam F. Ogburn)

    Perubahan teknologi dalam bentuk keamanan. Jika jaman dahulu keamanan dilakukan secara manual (gembok, rantai, dll) sekarang kemanan dapat dilakukan dengan mudah dengan cara memasang kamera CCTV atau hanya dengan finger print.

    Shafa Shabrina
    12 IPS 2

    BalasHapus
  6. Tokoh : Kingsley Davis
    Perubahan yg terjadi pada struktur maupun fungsi masyarakat antara lain:
    Masyarakat pertanian bermata pencaharian sebagai petani, namun ketika lahan pertanian sudah banyak digunakan untuk membangun berbagai sektor industri, Masyarakat pertanian akhirnya beralih pekerjaannya di bidang industri dan juga kebutuhan masyarakat menjadi bertambah.

    Hana Atika
    XII IPS 2

    BalasHapus
  7. Menurut William F. Ogburn: perubahan sosial menekankan pada kondisi teknologis yang menyebabkan terjainya perubahan pada aspek aspek kehidupan sosial, seperti kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Seiring berjalannya waktu, orang orang yang dulu hanya menggunakan telepon putar untuk berkomunikasi, sekarang sudah dimudahkan dengan adanya internet dan telepon pintar atau smartphone. Perubahan aspek ini membuat proses komunikasi dan penyampaian informasi lebih cepat dan mudah diterima.

    BalasHapus
  8. Perubahan pada aspek teknologi berpengaruh pada kehidupan sosial, contohnya:

    • Masyarakat yang sebelumnya kental dengan adat istiadat, ketika mengenal teknologi, mambuat beberapa masyarakat semakin luntur adat istiadatnya

    BalasHapus
  9. nama : syifa rizky
    kelas : 11 ips 2

    perubahan sosial menurut william f. ogburn menyatakan bahwa perubahan sosial terjadi karena adanyaa teknologi yang berkembang dan menyebabkan perubahan aspek kehidupan sosial seperti kemajuan teknologi yang sekarang sangat berpengaruh pada kehidupan dibanding tahun-tahun sebelumnya. jika dulu teknologi seperti adanya handphone tidak terlalu berpengaruh karena bisa berinteraksi secara langsung. Namun saat ini media ini sangat berpengaruh karena tidak bisa bertatap muka secara langsung

    BalasHapus
  10. William F. Ogburn menyatakan bahwa perubahan sosial menekankan pada kondisi teknologis yang menyebabkan terjadinya perubahan pada aspek-aspek kehidupan sosial, seperti kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat berpengaruh pada pola berpikir masyarakat. contoh perubahan berdasarkan definisi menurut Ogburn adalah pada zaman dulu saat para petani masih menggunakan alat sederhana untuk berpanen dan masih mengandalkan kondisi alam yang tidak menentu sehingga jumlah panen selalu tidak dapat dipastikan. tetapi pada zaman sekrang, teknologi dibidang pertanian sudah melaju pesat, sehingga tidak perlu mengandalkan kondisi alam yang tidak menentu yang membuat para petani mendapatkan hasil panen yang melimpah dan dapat mengubah pola pikir para petani untuk mendapatkan keuntungan lebih dari hasil panennya yang berlimpah karena adanya teknologi baru dibidang pertanian.

    BalasHapus
  11. Menurut William F. Ogburn: perubahan sosial menekankan pada kondisi teknologis yang menyebabkan terjainya perubahan pada aspek aspek kehidupan sosial, seperti kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Seiring berjalannya waktu, orang orang yang dulu hanya menggunakan telepon putar untuk berkomunikasi, sekarang sudah dimudahkan dengan adanya internet dan telepon pintar atau smartphone. Perubahan aspek ini membuat proses komunikasi dan penyampaian informasi lebih cepat dan mudah diterima.

    Nama: Naila Nuradiani
    XII IPS 2

    BalasHapus
  12. Perubahan sosial menurut Kingsley Davis adalah perubahan yang terjadi dalam struktur dan fungsi masyarakat. Misal, timbulnya golongan buruh dalam masyarakat kapitalis. Yang menyebabkan adanya perubahan hubungan antara buruh dan majikan.

    Luthfiyah Shabirah
    XI IPS 2

    BalasHapus
  13. Nama : Rania Dahayu
    Kelas : XII IPS 2
    Perubahan dalam aspek pola pola kehidupan manusia

    Pada zaman prasejarah manusia masih hidup dengan pola nomaden atau berpindah pindah tempat. Dikarenakan pola hidup bintang (sumber makanan) yang juga berpindah. Namun, dengan ilmu bercocok tanam dan penemuan api manusia kini hidup menetap atau berkelompok

    BalasHapus
  14. nama:salwa rifda
    kelas: xii ips 2

    perubahan sosial menurut Robert Maclver yaitu Perubahan hubungan sosial (social relationship) - Cara Berkomunikasi
    Dulu komunikasi dilakukan dengan cara surat-menyurat, sekarang berkomunikasi dapat menggunakan smartphone ataupun Komputer dengan berbagai media aplikasi.

    BalasHapus
  15. Dania Chaerunissa22 Juli 2020 pukul 08.12

    Perubahan pada aspek penemuan-penemuan baru dalam masyarakat (John Lewis Gillin dan John Philip Gillin). Setelah ditemukannya listrik, timbul beberapa faktor untuk berubah pada masyarakat. Contohnya adalah penemuan lampu. Sebelum ada lampu, manusia menggunakan kayu bakar atau menyalakan petromak untuk pencahayaan di kegelapan. Setelahnya, kehidupan dan aktivitas manusia dipermudah dan tampak maju karena ditemukannya lampu.

    BalasHapus
  16. Perubahan yang memengaruhi sistem sosial dalam masyarakat oleh Selo soemardjan.

    Zaman penjajahan, lembaga pendidikan dan masyarakat pada umumnya menganggap kaum buruh dan perempuan tidak boleh bersekolah. Namun, zaman sekarang pendidikan adalah hak tiap manusia untuk mendapatkannya supaya bisa memenuhi kebutuhan hidupnya dengan baik.

    Firza K
    XI IPS 2

    BalasHapus
  17. Di paling awal tulis

    Perubahan pada aspek teknologi oleh tokoh William F. Ogburn

    Sebelum adanya pandemi corona ini kita belum pernah mengirimkan barang dan menggunakan robot, khususnya di china dan jepang. Mereka pasti menggunakan jasa manusia, tetapi karena adanya pandemi ini manusia dilarang ke luar rumah makanya kedua negara tersebut membuat sebuah robot yg bisa mengantarkan makanan dan barang dari satu tempat ke tempat lainnya.


    Nama : Yasmin Nabila
    Kelas : 12 IPS 2

    BalasHapus

  18. William F. Ogburn: perubahan pada aspek teknologis yang menyebabkan terjadinya perubahan perubahan pada aspek-aspek kehidupan sosial. seperti kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat berpengaruh terhadap pola berpikir masyarakat.

    contoh:
    1. perubahan tata nilai dan sikap masyarakat yang semula irasional menjadi rasional.

    2. dampak berkembangnya teknologi yaitu dapat memberikan kemampuan generalisasi pada budaya indonesia. dengan beragamnya budaya lama di indonesia lambat laun akan mengalami hilangnya identitas budaya tersebut. karena teknologi dapat menyamaratakan budaya-budaya globab menjadi satu.

    3. pada zaman dahulu untuk membaca sebuah buku, kita harus membelinya atau meminjam disebuah perpustakaan, namun dengan seiringnya perkembangan iptek hadirlah buku berbasis internet atau e book. sehingga tidak perlu membelinya lagi atau meminjamnya.

    nama: Sarah Aqilla
    kelas: XII IPS 2

    BalasHapus
  19. Perubahan sosial pada aspek cultur (budaya)
    Contoh: Karena pengaruh modernisasi dan globalisasi, masyarakat mulai mengubah cara berpakaian mereka. Tadinya masyarakat kerap memakai baju tradisional atau baju adat daerah masing-masing, namun sekarang mereka memakai baju bisa karena mengikuti trend atau sekedar ingin mengenakan pakaian yang sesuai selera mereka.
    Aisha Elsa Putri
    XII IPS 2

    BalasHapus
  20. Nama: Azka Rahmatin Ulya
    Kelas: XII IPS 2
    Kingsley Davis: perubahan sosial adalah perubahan yang terjadi dalam struktur dan fungsi masyarakat

    contoh: pada masa kolonial dipimpin oleh raja dan keturunan keturunannya dengan sistem pemerintahan yang menganut pada aturan raja tersebut sedangkan pada masa nasional dipimpin oleh presiden dan wakil presiden dengan sistem pemerintahan berdasarkan aturan UU dan para pejabat

    BalasHapus
  21. saya memilih William F. Ogburn,
    ia menyatakan bahwa perubahan sosial menekankan pada kondisi teknologis yg menyebabkan terjadinya perubahan dlm aspek2 kehidupan sosial, spt kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yg sangat berpengaruh dlm pola fikir masyarakat. seperti adanya telfon genggam, dulu orang2 zaman dahulu menggunaka surat untuk berkomunikasi, tetapi skrg sudah dimudahkan karena adanya telfon genggam. zaman sekarang sangat banyak teknologi2 yang bermunculan yang ramah lingkungan.
    Izdihar Nabilah Tyara
    XII IPS 2

    BalasHapus
  22. perubahan pada aspek kebudayaan menurut John Lewis Gillin & John Philip Gillin
    perubahan kebudayaan kerap ditemukan diindonesia, seperti westernisasi atau kebarat-baratan. misal : masyarakat zaman dahulu selalu memegang teguh adat dari masing-masing daerah, tetapi karena adanya westernisasi yang masuk ke indonesia ini menyebabkan perubahan kebudayaan dalam masyarakat sekarang, seperti budaya hallowen, budaya tersebut merupakan budaya dari luar indonesia yang berhasil masuk dan diterima oleh banyak masyarakat. selain itu juga perihal budaya pakaian. zaman dahulu, orang lebih sering memakai pakaian adatnya, berbeda hal dengan masyarakat sekarang yang lebih banyak mengikuti gaya pakaian yang sedang menjadi trend orang-orang barat.

    Nama : Ametis Ismah Qonitat
    Kelas : XII IPS 2
    Absen : 4

    BalasHapus
  23. menurut robert macIver, perubahan sosial adalah perubahan dalam huungan sosial (social relationship) atau sebagai perubahan terhadap keseimbangan hubungan sosial. contohnya : sebuah desa mengalami perubahan dimana dahulunya desa tersebut mengandalkan sektor pertanian dan sekarang berganti menjadi desa yang mrngandalkan sektor industri. perubahan tersebut juga memengaruhi perubahan pada hubungan sosial antar masyarakat. dahulu masyarakat masih saling membantu, namun sekarang berubah menjadi hubungan antara pelaku ekonomi

    Salmaya Alhamid xii ips 2

    BalasHapus
  24. Nama : Adinda Puspa A
    Kelas : XII IPS 2

    Menurut John Lewis Gillin dan John Philip Gillin, perubahan sosial dilihat sebagai suatu variasi dari cara-cara hidup yang diterima, salah satunya yaitu dari perubahan dalam kebudayaan material. Dahulu masyarakat masih menggunakan pakaian adat masing-masing, seperti kebaya-kain jarik dan pakaian bundo kanduang. Tetapi seiring berjalannya waktu, penggunaan pakaian beralih ke yang lebih modern dan cenderung mengikuti tren dari selebritas maupun dari industri mode. Bentuk dan sifat pakaian pun menjadi lebih kompleks dipadu dengan perspektif seni dari masing-masing perancang mode/busana.

    BalasHapus
  25. Perubahan pada aspek penemuan baru menurut John Lewis Gillin dan John Phillip Gillin perubahan sosial ialah sebagai suatu variasi dari cara-cara hidup yang diterima. Misalnya penemuan baru pada internet yang yang dimana pada zaman dahulu sulit untuk mengakses berbagai macam hal misalnya seperti informasi biasanya dari mulut ke mulut. Namun dengan ada internet sangat mudah untuk mengakses berbagai macam hal. Selain itu juga munculnya penemuan pada telepon yang awalnya hanya untuk mendengar suara namun kini dapat variasi bentuknya dan dapat kolaborasi dengan internet untuk mempermudah pencarian ataupun dapat menjadi tempat untuk mencari uang.

    Arsy Dinda F.C
    XII IPS 2

    BalasHapus
  26. Perubahan pada aspek penemuan baru menurut John Lewis Gillin dan John Phillip Gillin perubahan sosial ialah sebagai suatu variasi dari cara-cara hidup yang diterima. Misalnya penemuan baru pada internet yang yang dimana pada zaman dahulu sulit untuk mengakses berbagai macam hal misalnya seperti informasi biasanya dari mulut ke mulut. Namun dengan ada internet sangat mudah untuk mengakses berbagai macam hal. Selain itu juga munculnya penemuan pada telepon yang awalnya hanya untuk mendengar suara namun kini dapat variasi bentuknya dan dapat kolaborasi dengan internet untuk mempermudah pencarian ataupun dapat menjadi tempat untuk mencari uang.

    Arsy Dinda F.C
    XII IPS 2

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Materi Sosiologi Kelas XI Semester 1 Sesuai Kompetensi Dasar Kurikulum 2013

Soal UN Sosiologi tentang Sosialisasi