Soal UAS Sosiologi Kelas XI 1819
1. Sekelompok mahasiswa yang berasal dari suku yang sama
membentuk sebuah organisasi. Organisasi tersebut merupakan wujud dari ….
A.
interseksi sosial
B.
interaksi
sosial
C.
konsolidasi sosial
D.
akomodasi
sosial
E.
asimilasi
sosial
2. Anggota DPR terdiri dari perwakilan partai politik
yang berasal dari suku dan agama yang berbeda. Kondisi tersebut merupakan
contoh dari ….
A.
konsolidasi sosial
B.
interseksi sosial
C.
interaksi
sosial
D.
asimilasi
sosial
E.
akomodasi sosial
3.
Perhatikan
ciri-ciri kelompok masyarakat berikut!
(1) Rambut berwarna hitam lurus
(2) Mata sipit
(3) Hidung pesek
Ciri-ciri
di atas merupakan tanda dari ras ….
A.
kaukasoid
B.
negroid
C.
mongoloid
D.
veddoid
E.
australoid
4.
Perhatikan
ciri-ciri kelompok masyarakat berikut!
(1) Hidung mancung
(2) Kulit putih
(3) Rambut pirang
Ciri-ciri di atas merupakan tanda dari ras
….
A.
kaukasoid
B.
negroid
C.
mongoloid
D.
veddoid
E.
australoid
5.
Pada
masa penjajahan Jepang, strata paling atas ditempati oleh orang-orang dari
golongan ….
A. Eropa
B. Jepang
C. Bumiputera
D. Sunda
E. Jawa
6.
Perhatikan
gambar berikut!
Proses terjadinya pelapisan sosial dalam masyarakat pada
bagan di atas didasarkan oleh faktor....
A.
penggarapan
tanah
B.
kepemilikan
tanah
C.
pengolahan
tanah
D.
kesuburan
tanah
E.
kualitas
tanah
7.
Soekarno dan Hatta diberi
gelar sebagai Bapak Proklamator Indonesia. Status tersebut merupakan ....
A. achieved status
B. assigned status
C. conflict status
D. ascribed status
E. symbol status
8.
Anak seorang Ksatria mempunyai status sebagai Ksatria juga. Status tersebut
merupakan ....
A. achieved status
B. assigned status
C. conflict status
D. ascribed status
E. symbol status
9.
Perhatkan gambar berikut !
Gambar tersebut menunjukkan stratifikasi yang
bersifat tertutup, karena....
A.
setiap
orang mempunyai kesempatan untuk berpindah dari strata satu ke strata lainnya
B.
hanya orang
yang memiliki pendidikan tinggi yang bisa menaikkan status sosialnya
C.
orang yang
memiliki kekuasaan tinggi boleh bertindak semaunya
D.
golongan bangsawan memiliki kesempatan untuk
berpindah
E.
golongan setiap lapisan tidak bisa berpindah
strata
10. Perhatikan gambar stratifikasi sosial
Bagan
tersebut menunjukkan fungsi stratifikasi sebagai ....
A.
pengembangan sekolah
B.
perumusan visi dan misi
C.
pemerataan penghasilan
D.
peningkatan jabatan
E.
perbedaan tugas
11. Pengertian
mobilitas sosial adalah ....
A. perbedaan
anggota masyarakat secara bertingkat
B. perpindahan
status dari satu posisi ke posisi lain
C. usaha-usaha
untuk mengurangi perbedaan
D. penguatan
keanggotaan masyarakat
E. persilangan
keanggotaan masyarakat
12. Pak
Soleh adalah seorang kepala sekolah.
Setelah habis masa jabatannya, ia
menjadi guru biasa. Pak Soleh mengalami
mobilitas sosial ....
A. vertikal
B. horizontal
C. intragenerasi
D. intergenerasi
E. antargenerasi
13. Yusuf
adalah manajer suatu perusahaan. Karena bekerja dengan baik, ia iangkat menjadi
direktur
perusahaan. Yusuf mengalami mobilitas sosial ....
A. horizontal
B. vertikal
naik
C. intragenerasi
D. antargenerasi
E. intergenerasi
14. Pak
Sobari adalah seorang buruh tani. Ia mempunyai anak yang bekerja sebagai dokter
spesialis. Keluarga Pak Sobari mengalami mobilitas sosial ....
A. intragenerasi
horizontal
B. antargenerasi
horizontal
C. intragenerasi
vertikal naik
D. antargenerasi
vertikal naik
E. antargenerasi
vertikal turun
15. Syuhada
adalah sorang pengusaha sukses. Ia mempunyai kakak yang berprofesi sebagai
buruh kasar. Syuhada dan kakaknya mengalami mobilitas sosial....
A. intragenerasi
horizontal
B. intragenerasi
vertikal turun
C. antargenerasi
vertikal naik
D. intragenerasi
vertikal naik
E. antargenerasi
vertikal turun
16. Perhatikan
faktor-faktor berikut!
(1) Komunikasi
yang bebas
(2) Adanya
diskriminasi kelas
(3) Perubahan
kondisi sosial
(4) Tingkat
pendidikan yang tinggi
(5) Merasa
puas dengan apa yang dimiliki
Yang merupakan faktor pendorong mobilitas
sosial adalah nomor ....
A. (1),
(2), dan (3)
B. (1),
(3), dan (4)
C. (2),
(3), dan (4)
D. (2),
(3), dan (5)
E. (3),
(4), dan (5)
17. Perhatikan
faktor-faktor berikut!
(1) Kemiskinan
(2) Adanya
diskriminasi kelas
(3) Perubahan
kondisi sosial
(4) Tingkat
pendidikan yang rendah
(5) Pembagian
kerja
Yang merupakan faktor penghambat mobilitas
sosial adalah nomor ....
A. (1),
(2), dan (3)
B. (1),
(2), dan (4)
C. (2),
(3), dan (4)
D. (2),
(3), dan (5)
E. (3),
(4), dan (5)
18. Keluarga
Pak Sandi sebelumnya tinggal di perkampungan kemudian mereka pindah ke
perumahan elit. Cara mobilitas sosial keluarga Pak Sandi adalah ....
A.
perubahan nama
B.
perubahan
tingkah laku
C.
perubahan standar hidup
D.
perubahan
tempat tinggal
E.
bergabung dengan organisasi tertentu
19. Pada
mulanya Hamdi adalah seorang karyawan. Kemudian ia menjadi kader partai politik
yang berbasis agama. Akhirnya dalam pemilu legislatif, ia terpilih menjadi
anggota DPRD kota. Contoh mobilitas sosial tersebut terjadi melalui saluran
organisasi ....
A.
politik
B.
profesi
C.
ekonomi
D.
pendidikan
E.
pemerintahan
20. Mujahid
merupakan karyawan yang sangat tekun dalam menjalankan tugas. Ketekunan dan
kesungguhan bertugas membawa ia lebih cepat naik jabatan daripada karyawan
seangkatannya, bahkan mendahului seniornya. Kebaikan sikap, kesederhanaan, dan
keramahtamahan Mujahid menjadikan ia diterima dan disenangi walaupun beberapa
teman seangkatannya sekarang menjadi bawahannya. Mobilitas sosial ini merupakan
contoh mobilitas sosial yang ....
A.
berpotensi
menimbulkan konflik antarindividu dan kelompok
B.
berpotensi
konflik peran antar anggota dan kelompoknya
C.
berpotensi
arogan karena jabatan baru merubah status
D.
menimbulkan konflik internal antargenerasi
E.
tidak menimbulkan konflik antargenerasi
21. Penelitian
yang ditujukan untuk menguji suatu kebenaran, misalnya penelitian tentang kasus
korupsi di instansi Dewan Perwakilan Rakyat disebut …
A.
eksploratif
B.
development
C.
kualitatif
D.
verifikasi
E.
kuantitatif
22.
Penelitian
yang dilakukan peneliti dengan cara memanipulasi atau mengontrol situasi
alamiah menjadi situasi buatan sesuai dengan tujuan penelitian, misalnya
menguji dua metode kegiatan belajar mengajar yang berbeda. Hal ini merupakan
jenis penelitian yang disebut sebagai ....
A.
survei
B.
inquiri
C.
deskriptif
D.
korelasional
E.
eksperimen
23. Penelitian
dimaksudkan untuk mengetahui faktor penyebab turunnya prestasi pelajar di suatu
sekolah sehingga hasilnya dapat bermanfaat langsung bagi pemecahan masalah. Berdasarkan
manfaatnya, penelitian tersebut tergolong ....
A.
komparatif
B.
korelatif
C.
deskriptif
D.
praktis
E.
teoretis
(1) Topik
dapat diteliti
(2) Menciptakan peluang bisnis bagi peneliti
(3) Dapat diperoleh data yangn relevan
(4) Mengubah fakta berdasarkan kenyataan
Yang
termasuk pertimbangan peneliti dalam menentukan topik penelitian adalah ….
A.
(1)
dan (2)
B.
(1)
dan (3)
C.
(2)
dan (3)
D.
(2) dan (4)
E.
(3)
dan (4)
25.
Perhatikan judul
penelitian berikut : “Pengaruh Kepemimpinan Demokratis terhadap Prestasi Kerja
Pegawai Negeri Sipil di Dinas Sosial Kota Bandung”. Variabel bebas dari judul
penelitian tersebut adalah ....
A.
Dinas Sosial Kota Bandung
B.
kepemimpinan demokratis
C.
Pegawai Negeri Sipil
D. kota
Bandung
E.
prestasi kerja
26.
Perhatikan judul
penelitian berikut : “Pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap Hasil Belajar
Siswa SMAIT Nurul Fikri”.
Variabel terikat dari judul penelitian tersebut adalah ....
A.
perhatian orang tua
B.
hasil belajar
C.
siswa SMAIT Nurul Fikri
D. hasil
belajar siswa
E.
orang tua
27. Seorang
peneliti melakukan penelitian dengan judul “Pengaruh Kelengkapan Sarana Belajar
terhadap Prestasi Belajar
Siswa”. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksplanasi. Contoh
rumusan masalah yang sesuai untuk penelitian ini adalah ….
A. Mengapa
kelengkapan sarana belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar?
B. Bagaimana
cara untuk meningkatkan prestasi belajar siswa?
C. Bagaimana
kelengkapan sarana belajar siswa?
D. Sejauh
mana pengaruh kelengkapan sarana belajar terhadap prestasi belajar siswa?
E. Apakah
prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh fasilitas belajar?
28.
Bila suatu penelitian
mempunyai rumusan masalah,”Adakah korelasi antara kuantitas hafalan Al Qur’an
dengan prestasi akademik siswa?”, maka rumusan hipotesis yang tepat adalah ....
A.
Kuantitas hafalan Al
Qur’an berpengaruh terhadap prestasi akademik siswa
B.
Prestasi akademik siswa
tergantung pada kuantitas hafalan Al Qur’an
C.
Terdapat korelasi antara
kuantitas hafalan Al Qur’an dengan prestasi akademik siswa
D.
Korelasi antara kuantitas
hafalan Al Qur’an dengan prestasi akademik siswa sulit diketahui
E.
Terdapat korelasi yang
sangat kuat antara
kuantitas hafalan Al Qur’an dengan prestasi akademik siswa.
29.
Judul penelitian dengan
metode kuantitatif yang tepat adalah ....
A.
Cara Belajar Siswa
Berprestasi
B.
Eksploitasi Anak Jalanan
C.
Evaluasi Kebijakan Pendidikan
Inklusif
D.
Kebiasaan Membaca Siswa
Sekolah Menengah Atas
E.
Pengaruh Metode
Pembelajaran terhadap Hasil Belajar
30.
Peneliti mendata
masyarakat yang tergolong kelas atas, menengah, dan bawah. Masing-masing kelas
diambil sampel sebagai responden. Tindakan yang dilakukan oleh peneliti
tersebut merupakan teknik sampling ....
A. proportional sampling
B. incidentalsampling
C.
stratified
sampling
D. cluster sampling
E. area sampling
31.
Penelitian dilakukan pada
salah satu sekolah negeri di Depok. Cara mengambil sampel penelitian dari
populasi terdiri dari tingkatan kelas yang berbeda dan masing-masing tingkatan
menjadi terwakili merupakan teknik sampling ....
A.
random
B.
wilayah
C.
bertujuan
D. berstrata
E.
proporsi
32.
Jauhari mengadakan
penelitian tetang kehidupan sosial anak jalanan di kota Jakarta. Secara
kebetulan ia menemukan beberapa anak jalanan dan langsung dijadikan responden.
Pengambilan sampel tersebut dinamakan teknik sampling ....
A.
proportional
B.
accidental
C.
stratified
D. cluster
E.
area
33.
Seorang peneliti melakukan
kajian mengenai keberhasilan program penuntasan buta huruf Al Quran di Depok.
Peneliti mengambil sampel dari tiap kecamatan. Berdasarkan deskripsi tersebut
maka cara pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian adalah ....
A.
proporsional
B.
bertujuan
C.
kelompok
D. wilayah
E.
acak
34.
Sekelompok siswa
memutuskan untuk meneliti masalah kriminalitas di daerahnya. Untuk mendapatkan
data penelitiannya, mereka mendatangi kantor polisi setempat untuk melakukan
wawancara dengan polisi yang sedang bertugas. Berdasarkan cara memperolehnya,
data yang diperoleh tergolong jenis ....
A.
primer
B.
kontinum
C.
kualitatif
D. sekunder
E.
kuantitatif
35.
Seorang peneliti lebih
senang mengumpulkan data dengan menggunakan teknik kuesioner karena dinilai
teknik tersebut lebih mudah dan efisien. Berikut ini yang merupakan keunggulan
dari metode kuesioner adalah ....
A. data
responden dapat diketahui dengan jelas dan rinci oleh peneliti melalui angket
B. informasi
dapat diperoleh lebih mendalam di lapangan sesuai dengan keinginan peneliti
C. data
lebih mudah didapat dalam jumlah banyak karena dibagi secara langsung dan
serentak
D. peneliti
dapat dengan mudah mengetahui bahwa kebenaran data sudah tepat dan akurat
E. peneliti
tidak perlu memperhatikan kondisi responden karena sudah terlihat dalam ceklist
36.
Contoh angket tertutup:
Setujukah anda, apabila anak yang diketahui
memakai narkoba dikeluarkan dari sekolah?
A.
Ya
B.
Tidak
Kelebihan instrumen pada contoh di atas
antara lain ....
A.
responden tidak harus berpikir dalam mengisi
angket
B.
responden mampu menyatakan pikirannya secara
rinci
C.
pengisian angket harus ditunggu agar hasilnya
maksimal
D. memberikan
kebebasan responden mengemukakan isi hati
E.
waktu yang diperlukan untuk mengisi angket lebih
singkat
37.
Menggunakan angket
tertutup merupakan pilihan peneliti dengan mempertimbangkan karakteristik
subjek penelitian sehingga selain memiliki banyak kelebihan, juga memiliki
kelemahan. Kelemahan tersebut antara lain adalah ....
A.
peneliti dapat meninggalkan lokasi sesuai
keinginan
B.
relatif cepat dalam pengambilan data secara
massal
C.
diperlukan waktu yang lama untuk memperoleh data
D. tidak
ada alternatif jawaban yang diberikan responden
E.
responden bebas menjawab pertanyaan yang tersedia
38. Perhatikan
grafik berikut!
Interpretasi data yang tepat untuk
menggambarkan grafik tersebut ialah ....
A. kunjungan
siswa ke perpustakaan cukup baik, dengan atau tanpa komputer, di perpustkaan
B. minat
siswa ke perpustakaan menurun setelah komputer yang dapat digunakan berkurang
C. penurunan
jumlah komputer tidak mempengaruhi minat siswa ke perpustakaan
D. koleksi
buku digital di perpustakaan terus berkurang sejak komputer berkurang
E. suasana
di perpustakaan semakin membosankan dengan berkurangnya komputer
39. Beberapa
bagian dari laporan penelitian
(1) Bab
pendahuluan
(2) Landasan
teori
(3) Kesimpulan
dan saran
(4) Penyajian
dan pengolahan data
(5) Metodologi
penelitian
Sistematikan yang benar dari isi laporan
penelitian adalah ....
A.
1 – 2 – 3 – 4 – 5
B.
1 – 2 – 5 – 4 – 3
C.
2 – 3 – 4 – 5 – 1
D. 2 – 4 –
3 – 1 – 5
E.
3 – 4 – 2 – 1 – 5
40. Presentasi laporan penelitian merupakan tanggung jawab
moral peneliti untuk menyebarkan informasi positif dari hasil temuan data.
Selain bermanfaat bagi masyarakat, kegunaan presentasi ilmiah bagi peneliti
ditinjau dari segi ilmiah yaitu....
- melengkapi
kepentingan perdagangan
- memenuhi
keinginan sponsor penelitian
- meningkatkan
kualitas dalam analisa data
- memperbaiki
penguasaan ilmu secara teori
- memecahkan
masalah sosial di masyarakat
Komentar
Posting Komentar